Aneka Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi

Sabtu, April 9th 2016. | Wisata, wisata jawa, wisata jawa tengah, wisata jogja

Wisata di jogja

wisata di jogja

wisata di jogja

Hallo semuanya kali ini akan membagikan aneka wisata di jogja, kota jogja memang sangat banyak wisatanya 🙂

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo ini terletak di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, DIY, ini sangatlah menawarkan pesona matahari terbit dengan hamparan awan yang nggak kalah keren dari gunung-gunung yang terkenal di Yogyakarta lainya. Dari gardu pandang tertinggi di 1.019 mdpl, anda bisa memandang empat gunung—Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro—serta Candi Borobudur yang kadang kala tertutup kabut dari kejauhan.

Untuk mendapatkan pemandangan indah di Puncak Suroloyu tentu bukan tanpa perlu usaha. Anda mesti menapaki sekitar 290 anak tangga untuk sampai ke atas puncaknya. Ow iiya, menurut legenda, tempat ini dulunya merupakan lokasi di mana Raden Mas Rangsang mendapatkan wangsit untuk melakukan tapa kesatriyan. Raden Mas Rangsang yang tak lain merupakan Sultan Agung Hanyakrakusuma, orang yang menjadi penguasa tanah Jawa.

Baca juga Daftar 5 Hotel Murah Di Sekitar Malioboro

Waduk Sermo di Kalibiru, Kulon Progo

Waduk Sermo di Kalibiru, Kulon Progo

Waduk Sermo di Kalibiru, Kulon Progo

Masih di dalam kawasan Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, eitss ada satu tempat indah yang sangat cocok untuk menikmati tenggelamnya senja. Kalibiru merupakan nama sebuah desa sekaligus hutan wisata yang terletak di kecamatan Kokap, Kulonprogo. Karena kepedulian warga dalam selalu menjaga salah satu sumber penghidupan mereka, Kalibiru ini menjadi lokasi ekowisata menarik yang sangatlah terpelihara dengan baik.

Di tempat ini, anda bisa menikmati trekking dengan latar pepohonan hijau. Untuk menyambangi Kalibiru, anda hanya dikenai tarif rp.3 ribu rupiah saja. Ada tempat yang asyik buat berfoto di sini, yaitu sebuah platform kecil dari kayu yang terletak di atas pohon pinus. Dan untuk naik ke atasnya, anda mesti mendaki tangga bambu dulu. Dari sini, Waduk Sermo tampak jelas di kejauhan. Tunggulah sampai senja tiba dan memantulkan cahaya keemasan di permukaan waduk.

Lihat juga Tempat Wisata Terbaru Di Indonesia

Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog

Pantai Parangtritis yang terletak di Bantul, tepatnya 27 km selatan kota Yogyakarta memang sangat terkenal. Tapi, kita nggak akan membahas pantai ini. Di ujung timur Pantai Parangtritis, ada tempat keren yang biasa digunakan sebagai landasan pacu olahraga paralayang, bernama Bukit Parang Endog.

Jika anda tertarik untuk mencoba olahraga paralayang ini, kamu bisa melakukan paralayang tandem bersama pilot berpengalaman dengan membayar sekitar 300 ribu sekali terbang. Tapi kalau enggak, tempat ini juga asyik untuk nongkrong. Dari atas bukit kamu bisa melihat keelokan Pantai Parangtritis dari ketinggian. Pemandangan sunset dari atas sini juga keren, lho!

Cave tubing di Kalisuci

Cave tubing di Kalisuci

Cave tubing di Kalisuci

Cave tubing merupakan kegiatan susur goa menggunakan ban dalam atau body rafting melewati sungai yang terletak di dalam bumi. Belakangan ini, yang sedang naik daun adalah aktivitascave tubing di Goa Pindul, Gunung Kidul, DIY; tempat itu selalu dipadati wisatawan. Tetapi, sebenarnya ada satu lagi lokasi cave tubing yang nggak kalah seru, yaitu Kalisuci,

Kalisuci ini terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Disebut Kalisuci karena di sini terdapat mata air—letaknya di atas aliran sungai—yang sangat jernih dan tetap jernih meskipun air sungai mengeruh ketika musim hujan. Dengan membayar retibusi sebesar 5 ribu dan paket cave tubing sebesar 70 ribu, kamu sudah bisa menikmati petualangan menyusuri sungai di perut bumi.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Gunung Kidul terkenal dengan sejumlah pantainya yang berpasir putih. Tapi, ada sebuah pantai yang unik karena tersembunyi di antara tebing-tebing karang yang terjal. Pok Tunggal, namanya.

Untuk sampai ke Pantai Pok Tunggal, kamu bisa menggunakan kendaraan atau trekking dari sisi timur Pantai Indrayanti. Di sini, terdapat sebuah pohon Duras yang menjadi ikon pantai ini. Nama Pok Tunggal pun berasal dari keberadaan Pohon Duras yang jadi vegetasi satu-satunya di sini. Pohon Duras tersebut hanya memiliki satu dasar pohon (pok), sehingga membuat penduduk sekitar menamai pantai yang ada di dekatnya dengan Pok Tunggal.

Beberapa tahun lalu, Pantai Pok Tunggal masih sangat sepi. Hampir tidak ada wisatawan yang datang ke sini. Namun kini, Pok Tunggal sudah mulai dikenal. Kalau ingin merasa pantai ini seperti pantai pribadi, jangan berkunjung ke sini saat akhir pekan — melainkan datanglah di hari kerja. Oh iya, jangan juga asal memanjat Pohon Duras yang jadi ikon pantai ini, ya. Pohon ini amat berharga maknanya bagi penduduk sekitar.

Artikel lainya Daftar 10 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Bagus Dan Indah

Goa Jomblang

Goa Jomblang

Goa Jomblang

Goa yang terletak di perbukitan karst Gunung Kidul ini merupakan goa vertikal yang menyimpan keunikan yang gak biasa. Untuk mencapai dasar goa kamu harus menggunakan peralatan khusus yang standar keamanannya terjaga dan didampingi oleh pemandu. Biaya wisata ke Goa Jomblang cukup mahal, sekitar Rp 450.000,00 untuk 2 orang.

Bagi yang enggan mengeluarkan uang lebih untuk menyewa alat atau sudah punya alat sendiri, ada baiknya kamu melancarkan teknik single rope dulu sebelum berkunjung ke sini. Sebab turunan yang harus kamu lalui untuk masuk ke gua cukup ekstrim.

Waktu yang paling baik untuk mengunjungi goa ini adalah sekitar pukul 10.00-12.00, karena posisi matahari sedang tinggi sehingga kamu bisa melihat ‘cahaya surga’. Di dalam goa ini juga terdapat hutan purba yang memiliki vegetasi unik. Keindahan goa ini dijamin bikin kamu terkagum-kagum. Cuma di Goa Jomblang kamu bisa merasakan sekelumit sensasi surga walau masih berstatus sebagai manusia.

Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul

Pesona Gunung Kidul memang luar biasa. Siapa sangka di daerah kering ini ada air terjun yang sangat indah? Air terjun Sri Gethuk terletak di ngarai Sungai Oya yang membelah Desa Wisata Bleberan. Di antara tebing-tebing karst, air terjun Sri Gethuk mengalir tanpa henti. Di bawahnya, terdapat bebatuan yang membentuk undak-undakan, menambah kesan unik dan mewah dari tempat ini.

Konon, tempat ini merupakan tempat penyimpanan kethuk atau instrumen gamelam milik Jin Anggo Meduro, makanya tempat ini dinamakan Sri Gethuk. Agar bisa menikmati tempat ini, kamu cukup membayar 35 ribu rupiah yang sekaligus menjadi tiket terusan ke Goa Rancang Kencono.

Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai Siung

Tebing-tebing curam yang mengelilingi Pantai Siung menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat ini. Bagi pecinta olahraga panjat tebing, Pantai Siung itu surga. Tak heran, karena tebing-tebing ini dimanfaatkan menjadi jalur panjat tebing yang cukup dikenal. Di pantai ini, ada sekitar 250 jalur panjat tebing yang bisa kamu jajal. Gak hanya itu, dari salah satu puncak tebing, kamu bisa melihat panorama Pantai Siung dengan laut menghampar di kejauhan.

Bukit Bintang

Bukit Bintang

Bukit Bintang

Terletak di Jalan Jogja–Wonosari, tepatnya di Bukit Pathuk, Gunung Kidul, kamu bisa melihat panorama kota Yogyakarta di malam hari dari ketinggian 150 meter. Di tempat ini, berjajar sejumlah warung makan di tepi jurang yang menawarkan aneka makanan dengan harga ringan.

Sembari menikmati jagung bakar dan segelas minuman hangat, kamu akan dimanjakan oleh lampu kota Jogja yang berpendar dengan manisnya dari bawah sana. Datanglah ke Bukit Bintang di awal senja, bawalah orang yang kamu cinta. Kemudian nikmati kerlap-kerlip lampu kota yang mulai menyala bersama

Gumuk pasir Parangkusumo

Gumuk pasir Parangkusumo

Gumuk pasir Parangkusumo

Meluncur dengan snowboard di Jogja mungkin adalah hal yang mustahil. Tapi, Jogja punya wilayah gumuk pasir satu-satunya di Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk olahragasandboarding. Letaknya di Pantai Parangkusumo, Yogyakarta. Asal kamu tahu, lahan gumuk pasir cuma ada dua di dunia. Satu lagi terdapat di Meksiko.

Di gumuk pasir ini, kamu bisa menjajal serunya menuruni bukit dengan papan luncur. Jangan mengira ini mudah lho. Kamu harus bisa menjaga keseimbangan kalo gak mau tergelincir konyol. Gak usah takut duluan, olahraga ini aman kok dimainkan pemula.

Nah mungkin cukup diatas aneka wisata di jogja 🙂 tunggu aneka wisata lainya yak!! refrensi : http://www.hipwee.com/travel/20-surga-tersembunyi-di-yogyakarta-yang-layak-jadi-destinasi-liburanmu-selanjutnya/

tags: , , , , , , , , ,